Home » , » Inilah 6 Situs Marketplace Lokal yang Terpopuler di Indonesia

Inilah 6 Situs Marketplace Lokal yang Terpopuler di Indonesia

Posted by Belajar Internet Pemula on Senin, 26 Juni 2017


Mengenal soal bisnis Marketplace, tentu berbeda dengan yang namanya toko online atau semacam E-commerce. Ya, bila belum memahami bagaimana konsep bisnis Marketplace, ini adalah sebuah konsep bisnis pasar online dimana pada sebuah halaman tertentu menjadi tempat terjadinya jual beli antara penjual dan pembeli.

Jadi secara fungsi, pada akhirnya Marketplace atau E-Marketplace tidak berbeda dengan pasar biasa tempat orang bertransaksi, namun ini dilakukan secara online. Anda tidak perlu pergi berkendara atau berjalan, cukup lakukan explore halaman Marketplace lewat layar gadget maupun komputer.

Perusahaan pemilik Marketplace tentu tidak memiliki produk untuk dijual, melainkan hanya menyediakan halaman saja untuk kemudian di isi para penjual pihak lain. Kemudian pihak Marketplace biasanya juga menyediakan layanan rekening bersama (rekber atau escrow) untuk kemudahan transaksi sekaligus sebagai bukti perlindungan kepada para penjual serta pembeli.

Nah, seperti apa saja contoh-contoh Marketplace lokal Indonesia yang cukup ramai transaksi dan dianggap paling populer? Berikut kami tuliskan daftarnya:

1. Ratakan www.ratakan.com

Namanya unik dan tergolong masih baru karena dibangun sekitar 2014 lalu. Namun jangan salah karena Ratakan menjadi salah satu situs Marketplace terbesar di Indonesia. Ratakan memang tidak melayani kerjasama dengan E-Commerce yang menjual produk bermacam-macam karena situs ini hanya spesialis sebagai marketplace dan affiliate network untuk jenis produk digital.

Produk digital yang dimaksud adalah berupa barang maupun jasa yang dapat dikirimkan lewat teknologi elektronik atau secara online (digital download). Contoh produk digital diantaranya adalah ebook, audio, membership, video dan software. Jadi jangan harap di Marketplace Anda bisa mendapatkan produk secara fisik.

2. Tokopedia www.tokopedia.com

Namanya sering muncul di iklan televisi saat-saat ini. Ya, Tokopedia memang kini sudah menjadi situs Marketplace populer dan salah satu yang terbesar di Indonesia. Sejak dibangun pada 2009 lalu, Tokopedia terus memperbaharui layanan dan menambah fitur untuk kemudahan transaksi antara pihak E-Commerce dengan buyer.

Kabarnya Tokopedia sudah memiliki ratusan ribu penjual (E-Commerce atau toko onlien) yang pastinya terus bertumbuh jumlahnya hingga 30 persen pada setiap bulan. Diperkirakan, Tokopedia sudah memiliki lebih dari 3 juta produk yang dijual. Sebenarnya pihak penjual di Tokopedia masih bisa menggunakan layanan gratis, namun Tokopedia menawarkan fitur Gold Merchant yang berbayar.

3. Bukalapak www.bukalapak.com 

Dari namanya saja sudah cukup menggambarkan bahwa situs ini adalah Marketplace. Bukalapak akhirnya memang menawarkan kepada para pemilik produk untuk membuka lapak dagangannya melalui situs Bukalapak.

Marketplace ini cukup populer karena beberapa keunggulan, salah satunya adalah fitur negosiasi yang bisa dilakukan secara online, padahal fitur seperti demikian masih jarang ada pada Marketplace maupun toko online biasa. Kemudian ada juga fitur transaksi dengan dompet virtual bernama Bukadompet, menjadi salah satu metode pembayaran khusus di Bukalapak.

4. Elevania www.elevenia.co.id

Sama seperti beberapa Marketplace lain, Elevania juga sering muncul pada iklan televisi. Meskipun dianggap sebagai situs baru, namun kenyataannya Elevania mampu bersaing dengan situs lawas. Di Marketplace Elevania saat ini diperkirakan sudah memiliki 2 juta produk aktif serta melayani 8.000 order per harinya.

Sebuah keuntungan dari member Elevania adalah , perusahaan ternyata menyediakan seller zone di Jakarta, yakni berisikan studio foto untuk urusan marketing serta memiliki ruang pelatihan khusus bagi para penjual online yang masih baru dan belum mengerti bagaimana strategi yang baik. Pendapatan Elevania diambil dari setiap komisi dalam setiap penjualan melalui platform.

5. Zalora www.zalora.co.id

Beberapa Marketplace diatas mungkin menjadi situs yang menjual berbagai macam produk. Namun tidak dengan Zalora yang hanya terfokus pada penjualan produk-produk fashion. Jadi jangan pernah mencari ponsel atau komponen prosesor di Zalora.

Pada Marketplace ini Anda hanya akan menemukan sepatu, baju, tas, hingga aksesoris lainnya. Di Indonesia sendiri, Marketplace Zalora sudah ada sejak tahun 2012 dan perusahaannya berpusat di Singapura.

6. Projects projects.co.id

Salah satu Marketplace yang sangat unik dan berbeda dengan Marketplace diatas. Projects merupakan Marketplace yang didalamnya menawarkan proyek pekerjaan maupun menawarkan jasa, serta sebagai tambahan adalah untuk transaksi jual-beli produk digital.

Ibaratnya ini adalah pasa untuk penawaran jasa proyek, dan beberapa proyek yang sering ditransaksikan pada Projects adalah e-book, desain kaos, penjualan software, pembuatan software pengembangan game, template situs, dan produk digital lain. Pemain dalam Marketplace ini kebanyakan adalah para freelancer.

Thanks for reading & sharing Belajar Internet Pemula

Newest
You are reading the newest post