Minggu, 02 Juli 2017

Cara mengembalikan Foto atau File yang terhapus di Android dengan mudah

Posted on Minggu, 02 Juli 2017
Trinepinesin Blog | Menyimpan file atau foto di dalam memori HP terbilang sudah biasa dilakukan bagi teman yang memiliki HP Android. Kapasitas memori yang besar memungkinkan teman menyimpan lebih banyak File file penting atau Foto foto pribadi di memori card tersebut. tidakkah terbayang di pikiran teman apabila Handphone tersebut rusak atau memori card tidak mampu di kanal lagi ??? Pasti tidak terbayang bukan kalau HP atau Memori tidak benar benar Rusak.

File yang tersimpan di memori Handphone di antaranya : Foto , Vidio , Software atau Aplikasi hasil donlowad dan file file penting menyerupai data Ms.Exel kantor. File di HP tidak mampu dibuka lagi itu bukan sebab HPnya yang rusak teman tetapi Karena kerusakan memori Card juga mampu terjadi. Disini kita akan membahas bagaimana caranya mengembalikan File yang terlanjur terhapus di android sebab :
  • Data terhapus setelah mengembalikan Android ke pengaturan pabrik.
  • Sengaja menghapus pesan , kontak , foto dan data-data dari Android
  • Flashing ROM pada perangkat Android.
  • Perangkat rusak atau tidak dapat mengakses data pada Android.
  • Data hilang setelah rooting perangkat Android.
Untuk itu akan menyebarkan sedikit tips mengembalikan File Foto dan data penting yang terhapus di android Samsung , Nokia , Oppo , Advan Lenovo baik yang di sengaja atau tidak di sengaja. Ada 2 kategori cara mengembalikan Foto atau File yang terhapus untuk Perangkat yang Belum di Root (Bawaan Pabrik) atau Perangkat yang sudah di Root.

Cara mengembalikan Foto atau File penting yang terhapus di Android untuk perangkat yang sudah di Root

Bagi perangkat teman yang sudah di root untuk mengembalikan Foto yang terhapus mampu menggunakan beberapa aplikasi yang ada di Play Store. Berikut yakni 2 Aplikasi yang mampu teman gunakan untuk mengembalikan File yang hilang tersebut.

Disk Digger undelete

Ini yakni aplikasi yang mampu di gunakan untuk merecovery file yang terhapus. Disk Digger yakni aplikasi gratis yang mampu digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di android. Aplikasi ini mampu mengembalikan file berformat JPG , PNG , dan MP4. Untuk format yang lain sobat harus pakai yang versi pro alias berbayar.

Berikut yakni langkah-langkahnya :

- Unduh dan Instal aplikasi DiskDigger di playstore.
- Jika diminta kanal Root , pilih ijinkan
- Akan ada peringatan Upgrade to Pro. Jika sobat tidak ingin upgrade pilih no thanks.
- Pilih file penyimpanan data untuk mengembalikan data yang ada di memori internal atau External.
- Lalu pilih format file yang akan di kembalikan tadi , setelah itu tekan OK.
- DiskDigger akan mulai memindai/scan berkas-berkas yang masih mampu dikembalikan.
- Pilih berkas yang akan dikembalikan.
- Lalu pilih Save local... Untuk memudahkan kita menemukan berkas yang sudah di kembalikan tadi.
- Selesai

Undeleter recover file dan data

Undeleter yakni aplikasi yang dikembangkan oleh farhbot untuk mampu mengembalikan file , foto dan data yang terhapus di android. Aplikasi ini memang gratis tapi untuk menerima full support sobat di haruskan membeli yang pro. Kaprikornus untuk yang versi gratis hanya mampu mengembalikan file foto , dan beberapa file menyerupai SMS dan Txt.

Berikut yakni langkah-langkahnya :

- Unduh aplikasinya di Google Play
- Install dan buka aplikasinya.
- Jika dimintai kanal root , tekan izinkan.
- Lalu pilih Restore file atau Restore data (seperti SMS)
- Pilih penyimpanan mana yang ingin sobat kembalikan datanya , internal storage atau external storage.
- Jika sudah akan ada 2 pilihan scan yaitu Journal Scan dan Deep Scan. Untuk Journal scan , semua file yang terhapus akan di scan termasuk foto , video dan sms. Untuk Deep scan , kita mampu pilih sendiri file mana yang akan kita restore.
- Setelah memilih antara Deep atau Journal , tekan scan yang ada di pojok kanan bawah.
- Tunggu beberapa dikala hingga hasil scannya muncul.
- Setelah muncul silahkan teliti satu persatu , file mana yang akan di kembalikan.
- Jika sudah ditemukan file yang ingin dikembalikan , klik lalu tekan gambar kotak di pojok kanan atas lalu pilih Restore Item.
- Selesai , file , foto atau data yang sobat inginkan sudah kembali ke penyimpanan android sobat.

Cara Mengembalikan Foto Dan File data penting Yang Terhapus Di Android Untuk Perangkat Yang Belum Di Root

Jika android teman belum di root akan sedikit susah untuk mengembalikan file yang terhapus di android. Tetapi kalau teman tidak ingin melaksanakan Root , masih mampu kok mengembalikan file , foto dan data-data penting di android sobat. Ini yakni Aplikasi buatan Piriform yang keren untuk mampu mengembalikan file yang terhapus. Aplikasi tersebut berjulukan Recuva , yuk pribadi saja bagaimana cara kerjanya.

Recuva

Aplikasi ini sangat powerfull dan cukup baik untuk mengembalikan file , foto dan data pentig di android. Bahkan aplikasi ini juga sudah di rekomendasikan oleh forum-forum android di google plus. Cara kerjanya teman harus menginstall kegiatan ini di PC Windows.

Berikut langkah-langkahnya :
  • Donlowad Aplikasinya DISINI
  • Hubungkan Android sobat ke PC dengan kabel USB atau Card reader.
  • Pastikan memori Android sudah terdeteksi , lalu buka aplikasi Recuva.
  • Pilih jenis file yang ingin sobat kembalikan , pilih All files kalau sobat ingin mengembalikan semua jenis file yang ada di SD Card.
  • Pilih di drive mana lokasi file yang ingin dikembalikan. Pilih In a specific location kalau ingin memilih lokasi memori. Pilih I'm Not Sure kalau sobat lupa lokasi file yang ingin dikembalikan.
  • Klik centang pada Enable Deep Scan kalau sobat ingin pencarian file yang lebih mendalam.
  • Setelah itu Klik Start untuk memulai pencarian file yang terhapus. Sekarang yang harus sobat lakukan yakni menunggu hingga file yang terhapus ditemukan.
  • Jika file yang terhapus telah ditemukan oleh Recuva , maka peran sobat yakni mengeklik centang pada file tersebut , kemudian klik kanan dan pilih menu Recover Checked.
  • Lalu pilih di drive mana sobat akan menyimpan file tersebut , misalnya di photo , lalu klik OK.
  • Setelah simpulan pindahkan file yang sudah di simpan di PC tadi ke android sobat.
  • Selesai