Minggu, 02 Juli 2017

Cara mudah Stel (setting) GITAR sendiri dengan aplikasi Android

Posted on Minggu, 02 Juli 2017
Trinepinesin Blog | GITAR ialah alat musik yang dimainkan menggunakan petikan jari tangan. Bentuknya sederhana tetapi unik alasannya mudah dibawa kemana saja (Pengamen jalanan mungkin). Gitar ada bermacam macam jenisnya , mulai dari Gitar yang sumber bunyinya dari fatwa listrik , biasa dimainkan oleh Group Band. Gitar bolong atau Gitar yang bunyi bunyinya dihasilkan dari ruang tabung gitar yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara. Ada juga Gitar yang bentuknya kecil (Gitar Ukulele).

Merek gitar juga bermacam macam , mulai dari harga yang paling mahal hingga dengan harga yang paling murah. Tahun 2005 saya membeli sebuah gitar dengan harga Rp.300.000 (entah apa mereknya saya lupa). Untuk ketika ini jenis Gitar yang saya beli sudah mencapai harga Rp. 900.000 , tidak heran kalau harga gitar semakin naik alasannya di iringi materi pokok yang semakin naik pula hehehe. Gitar dengan merek Yamaha menurut saya ketika ini yang cukup banyak diminati pembeli tetapi harganya cukup tinggi.

Kali ini bukan untuk membahas jenis gitar secara mendetail tetapi kita akan membahas perihal cara STEL (Setting) senar gitar dengan mudah. Stel senar gitar agar menghasilkan bunyi yang baik tidaklah sulit bagi anda yang sudah terbiasa bermain Gitar. terlebih anda sudah memiliki filing atau mengetahui bunyi nada. Saat salah satu senar gitar di petik apakah sudah sesuai dengan nadanya atau belum. Jika anda bisanya bermain gitar tetapi tidak mampu stel bunyi senar gitar sudah pasti menyerupai apapun dimainkan akan menghasilkan bunyi yang buruk.

Saya ialah orang yang hanya mampu bermain gitar tetapi ketika bunyi sudah mulai tidak sesuai maka untuk melaksanakan settingan gitar membutuhkan sahabat untuk melakukannya. Puji Allah ada Yosia Desta Palimbunga ialah sahabat Gereja yang mengajarkan cara setting senar gitar dengan mudah menggunakan aplikasi yang ada di Play Store. Awalnya saya merasa kesulitan untuk melaksanakan settingan gitar tetapi berkat kesungguhan saya untuk mampu kesannya berhasil. Penasaran nich , pengen tau cara settingnya gimana ??? 

Cara setting senar Gitar dengan aplikasi Android

Langkah 1 : Pastikan bahwa anda memiliki sebuah Gitar sendiri
Langkah 2 : Kunjungi Play Store di HP Android anda
Langkah 3 : Dikotak pencarian Play Stote tuliskan "Guitar Tuner" Klik icon merah no urut 3 dari atas "Penyetam Gitar - Pro Guitar"

Langkah 4 : Klik Instal (maaf kalau tampilan ini tulisannya Unistal alasannya aplikasi sudah terinstal ketika saya screenshot)

Langkah 5 : Mulai menyetel gitar dengan tali gitar paling atas (Senar Bass) , petik tali no 1 secara terus menerus dan kalau belum berwarna Hijau (E2) maka teruskan memutar kencangkan senar gitar hingga Jarum di atas sempurna di 0 , Huruf E2 pada lampu Hijau , mampu lihat juga penunjuk kunci yang ada kotak hitam itu mampu mengukur ketepatan kunci.

Langkah 6 : Jika senar no 1 sudah tersetting maka selanjutnya senar no 2 yang di bawahnya. Sama dengan cara di atas , lakukan hingga senar no 2 menunjuk kunci A2 dan lampu berwarna Hijau.

Langkah 7 : Senar gitar no 3 menunjuk kunci D3

Langkah 8 : Senar gitar no 4 menunjuk kunci G3

Langkah 9 : Senar gitar no 5 menunjuk kunci B3

Langkah 10 : Senar gitar no 6 menunjuk kunci E4

Langkah 11 : Selesai dan dengarkan bunyi gitar anda , Jreeeennnggg mantab bukan !!!

Sudah terbukti cara ini cukup efektif untuk setting senar gitar sendiri alasannya ketika ini gitar saya di rumah sudah sapat saya mainkan dengan merdu. Kaprikornus kalau bunyi senar gitar sudah tidak karuan alasannya di putar oleh oknum anak anak maka sudah saya pastikan saya tidak akan kuatir lagi alasannya sudah mampu stel senar gitar sendiri. Aplikasi ini hanya untuk setting Standar sedangkan untuk tinggkatan yang lebih tinggi maka anda harus membeli yang PRO. Silahkan mampu dicoba bagi anda Pemula yang gres memiliki sebuah Gitar.