Senin, 03 Juli 2017

Contoh kerangka Khotbah Katolik yang baik dan benar menurut Alkitab

Posted on Senin, 03 Juli 2017
Trinepinesin Blog | Pagi ini saya dengan rutinitas gres yaitu mengantar si kecil ke sekolah dengan menggunakan sepeda motor. Hujan jatuh secara tiba tiba ketika pulang kembali ke rumah , tidak ada tanda tanda mendung ataupun gerimis itupun yang membuat saya secara tiba tiba duduk di emper rumah orang untuk berteduh.

Jemari seakan tidak mau termangu dan inggin selalu menulis di setiap ada kesempatan. Tidak ada angin ataupun angin kencang yang datang , tiba tiba saja inggin membuat sebuah artikel perihal Khotbah Kristen. Yah inikan perjalanan hidup saya , ketika saya tidak mengerti rencana Yang Mahakuasa kedepan saya hanya bisa berharap inilah yang terbaik dalam kehidupan saya. Yang Mahakuasa sudah menyediakan segala sesuatunya sebelum kita memintanya.

Khotbah rohani Katolik yaitu sebuah pekerjaan yang berat. Hanya dengan tuntunan Yang Mahakuasa sajalah saya dapat menulis perihal ini. Pada ketika kecil saya bercita cita inggin menjadi seorang Pendeta alasannya yaitu melihat aktifitas orang renta yaitu seorang penginjil. Berjalan remaja hingga dengan menikah rencana Yang Mahakuasa lain , saya tidak pernah menduduki dingklik perkuliahan di universitas Katolik tetapi masuk di jurusan Komputer.

Sudah menjalani janji nikah selama 9 tahun berbagai ujian dan tantangan sebagai Kepala Keluarga. Tetapi Tuhanku dahsyat menunjukkan istri yang selalu rindu bersekutu dengan Tuhan. Proses itulah yang pada ketika ini saya merasa Yang Mahakuasa selalu tolong dan rasa inggin bersekutu dengan Yang Mahakuasa tidak dapat saya hindari. Merangkai khotbah secara kemampuan insan saya tidak sanggup tetapi ini yaitu rencana Yang Mahakuasa yang harus tetap saya Tulis.

Seorang pengkhotbah , Penginjil ataupun Pelayan Firman Yang Mahakuasa haruslah hidup Kudus dalam keluarga ataupun lingkungan di masyarakat artinya sobat Harus Hidup gres terlebih dahulu. Setiap orang pasti memiliki kesalahan atau dosa di masa lalu tetapi menatap masa depan janganlah menengok ke belakang. Buatlah masalalu menjadi pelajaran berharga buat kita semoga lebih berpengaruh lagi di dalam Tuhan. Hidup gres sudah , Rajik ke Gereja sudah , Rajin Ibadah dan Doa Sudah. Yang terakhir minta pinjaman Yang Mahakuasa dan Belajar Firman Yang Mahakuasa dengan sungguh sungguh (Supaya Roh Kudus yang bekerja).

Karena saya belum bisa berkhotbah maka untuk kerangka khotbah saya ambil dari beberapa sumber terpercaya , kerangka khotbah dan link website ini sengaja saya simpan untuk saya pelajari pada ketika nanti saya membutuhkannya.

Contoh Kerangka Khotbah Katolik :
- Tema Khotbah
- Nats Alkitab
- Tujuan Khotbah
- Isi Khotbah
- Aplikasi Khotbah
- Penutup / Kesimpulan

Ada tiga bab kerangka khotbah yaitu :

1. Konsep
Konsep yaitu bagaimana cara mendapatkan tema inti untuk materi khotbah , yang merupakan seni untuk mengetahui bagaimana mendapatkan isu dari Tuhan. Ini bekerjasama bagaimana wangsit dan tema yang utama untuk sebuah khotbah.

2. Komposisi
Dalam mendapatkan wangsit gagasan atas suatu kebenaran , kita harus memulai melaksanakan analisa untuk menemukan kebenaran tersebut. Disitulah catatan kita berperan penting! Selagi kita merenungkan. Tuliskan setiap pikiran yang muncul dalam catatan kita.

3. Konstruksi
Setelah kita menganalisa materi subyek (pokok pembahasan) dan mendaftar setiap aspek kebenaran yang dapat kita temukan , setelah itu kita dapat mensortirnya , dan mulai menyusun pikiran-pikiran itu di dalam suatu urutan yang benar , bila yang kurang relevan dapat kita buang , kalau ada yang kurang tajam dapat dipertajam dan yang kurang tegas dapat lebih dipertegas lagi. Menyusun materi tersebut ke dalam suatu urutan yang sempurna akan sangat membantu kita pada jemaat. Dengan membagikan buah pikiran yang dikembangkan secara berurutan , orang lain dapat tertolong mengerti dan mengerti jalannya pembicaraan anda.

Jika shabat inggin membaca secara terang dan lengkap silahkan kunjungi website WWW.KHOTBAH.CO alasannya yaitu disana berbagai artikel yang menjelaskan bagaimana cara membuat khotbah yang baik dan benar , jenis jenis Khotbah dan situs tersebut sudah di lengkapi dengan aplikasi android , Semoga bermanfaat , sekian dan terimakasih Yang Mahakuasa Yesus Memberkati.