Sabtu, 01 Juli 2017

Khotbah ahad : KRISTEN HALAMAN oleh Matius Dharmani

Posted on Sabtu, 01 Juli 2017
Trinepinesin Blog | KRISTEN HALAMAN ( II Petrus 2:17-22). Semua orang akan senang kalau melihat halaman rumahnya tertata dengan rapi apalagi kalau halaman itu ditanami bunga-bunga dan ada kolam ikannya yang semakin menambah kecantikan halaman rumah tersebut. TETAPI seindah-indahnya halaman rumah yang kau buat tidak akan ada orang yang mau tinggal di halaman. Karena namanya halaman tempatnya di luar rumah ( adakah yang punya halaman rumah letaknya di dalam kamar rumah ?). Di halaman banyak angin mampu masuk angin , di halaman mampu kedinginan dan kepanasan pada siang hari. HALAMAN yaitu tempat keluar dan masuknya orang banyak. Begitu juga Tuhan tidak menginginkan kita menjadi orang Kristen yang tinggal di halaman. Siapakah yang di sebut orang Kristen halaman ?

Tunjukkan populasi orang Kristen dunia dan Indonesia dikala ini
  1. Roma Katolik: Aliran Gereja Roma Kristen merupakan kelompok Kristen terbesar di dunia dikala ini dengan lebih dari satu milyar pengikut yang berarti hampir separuh populasi Kristen dunia.
  2. Protestan:Ada kira-kira 800 juta umat Protestan di dunia (37%). Protestantisme dikala ini terbagi/terpecah menjadi sekitar 41.000 organisasi/denominasi yang tumpang-tindih (overlapping) satu sama lain. Kaum Protestan Injili (termasuk di dalamnya aliran Pentakosta dan Karismatik) mengklaim mempunyai anggota sekitar 600 juta orang.
  3. Ortodoks / 1. berpegang teguh pada peraturan dan anutan 2 kolot; berpandangan kuno: Ada kira-kira 260 juta orang Kristen Ortodoks di dunia ini (12%)
  4. Kristen yang lain (seperti Mormon , Saksi Jehova , dll) berjumlah 1% dari  total populasi Kristen dunia.

Penyebaran Orang Kristen di Seluruh Dunia
Hampir separuh (48%) dari semua orang Kristen tinggal di 10 negara dimana secara umum dikuasai penduduknya beraga Kristen. Tiga dari 10 negara besar ini ada di benua Amerika (Amerika Serikat (246 ,780 ,000 (79.5% dari populasi)) , Brazil (175 ,770 ,000 (90.2% dari populasi)) dan Meksiko (107 ,780 ,000 (95% dari populasi)).  Dua ada di Eropa (Rusia (105.000.000/ 73 ,6%) dan Jerman) , dua di wilayah Asia Pasifik (Filipina dan Cina) , dan tiga di wilayah sub-Sahara Afrika (Nigeria , Republik Demokrasi Kongo , dan Ethiophia) , yang menggambarkan tempat dunia Kristen. Jumlah Kristen di Inggris yaitu 45 juta.

Populasi Kristen Indonesia dikala ini
Menurut Wakil Presiden Yusuf Kalla di depan 700 pendeta pada konfrensi Gereja- gereja di Makasar tahun 2016. Gereja di Indonesia berjumlah 56.000.

Tabernakel (Kemah Suci)
  • Halaman yaitu tempat keramaian yaitu semua orang boleh masuk dan berbuat apa saja.
  • Di tabernakel halaman yaitu tempat  Mezbah korban bakaran dan kolam pembasuhan dimana setiap hari ada aktivitas pengesahan dosa dan persembahan

Siapakah yang disebut orang Kristen Halaman ?

1. KRISTEN YANG TIDAK MAU BERTUMBUH
Cat. Semua mahluk hidup yang ada di bumi ini membutuhkan pertumbuhan karena bila tidak bertumbuh berarti ia disebut mahluk yang mati.

TANDA-TANDA ORANG KRISTEN YANG TIDAK MAU BERTUMBUH
  • Cepat Merasa “Puas”
  • Skeptis : sifat/sikap yang cenderung menyebabkan rasa curiga atau tidak percaya , dan bersikap hati-hati atas suatu tindakan.
  • Apatis : Sifat yang tidak mempercayai suatu keberhasilan atau perubahan. 

    Syarat semoga dapat bertumbuh  I kor 3 : 6-7….
    Paulus yang menanam ,….Ada yang menanam Pemberitaan firman Tuhan.( Roma 10:14-15  apolos yang menyiram …. Tidak hanya menyirami tetapi juga memupuk dan Tuhan yang memberi pertumbuhan.

    Mengapa harus bertumbuh ?
    1. Untuk melindungi otot-otot rohani kita.
    2. Tuhan tidak pernah kesepakatan bahwa orang Kristen akan bebas dari banyak sekali kesulitan tetapi Ia telah menyediakan banyak sekali perlengkapan yang dengannya kita dapat menghadapi kesulitan-kesulitan itu.
    3. Untuk melindungi kita dari dosa ( Lukas 4: 13)
    4. Iblis sering melemparkan anak panah untuk menjatuhkan kita jadi bila kita tidak bertumbuh secara rohani kita akan jatuh dan tidak dapat berdiri lagi.
    5. Untuk menolong waktu kita menyatakan Kristus kepada orang lain.
    6. Mau tidak mau hidup kita sebagai orang Kristen selalu disoroti oleh orang lain , untuk apa ? mencari kesalahan…..ex. Danel tidak pernah berbuat salah…dianggap salah pada soal ibadahnyaoleh Raja darius ( Dan 6:11-12).

    2. ORANG KRISTEN YANG SUAM-SUAM/ Panas tidak hambar tidak ( Wah 3:16)
    1. Imannya tergantung situasi dan kondisi.
    2. Peribahasa “ Dijemur tidak Kering direndam tidak Basah” menyusahkan sahabat dan orang lain.
    3. Tidak bertanggungjawab dgn tugasnya.
    4. Tidak mau bertobat sungguh-sungguh ( II Petrus 2:22)

    3. ORANG KRISTEN YANG MERAGUKAN KESELAMATANNYA.

    Ada 2 pandangan wacana keselamatan

    1. Pandangan Armenian 
    ( Yakobus Armenius , belanda 1560-1609 ) “adalah bahwa tindakan insan mempunyai  kewenangan yang lebih besar dari kedaulatan Tuhan dan membuat Tuhan tunduk kepada tindakan insan dan bukannya insan tunduk pada tindakan Allah. Artinya keselamatan itu karena perbuatan insan bukan karena kasih Tuhan , perlu dipertahankan supaya tidak hilang = keselamtan mampu hilang. Ex. Jika anda berbuat dosa dan tidak sempat bertobat lalu meninggal keselamatan anda hilang. Cat. Kaum armenianisme berkata “ kalau begitu sekarang hidup bebes saja berbuat dosa nanti kalau sudah renta dan mau mati gres bertobat semoga selamat.

    2. Pandangan Calvin 
    (John Calvin , Perancis 1509-1564) Kejatuhan total menyatakan bahwa semua aspek kemanusiaan sudah tercemar oleh dosa ,( Tubuh ,jiwa dan roh ). karena itu insan tidak dapat datang kepada Tuhan berdasarkan kehendaknya sendiri. Kejatuhan sebagian menyatakan bahwa setiap aspek kemanusiaan dikotori oleh dosa , tapi tidak hingga pada taraf di mana insan tidak dapat beriman pada Tuhan berdasarkan kehendaknya sendiri.artinya keselamatan itu tidak dapat diperolah dengan perbuatan insan tetapi hanya oleh Anugerah Allah= keselamatan itu tidak mampu hilang/Permanen. Ex. Anda berbuat dosa lalu meninggal/mati anda tetap selamat karena keselamatan yang Tuhan berikan tidak mungkin ditarik kembali karena Tuhan Bukan Tuhan yang plinplan. Cat. Yang hilang itu bukan keselamatannya tetapi mahkotanya. Cat. Kaum calvinisme berkata “ kalau begitu sekarang hidup bebes saja berbuat dosa toh sudah selamat.

    3. Pandangan Alkitab terhadap keselamatan 
    1. Ef.2 :8-9…Keslamatan itu hanya karena Kasih karunia/anugarah melalu dogma kepada Yesus Kristus
    2. Berbuatan baik , suka memberi dan hidup saleh itu buah dari keselamatan bukan berbuat baik untuk menerima keselamatan/Sorga.



    Kesimpulan :
    Golongan Halaman ini memang rawan , menyerupai Israel yang terus beredar-edar di padang gurun alasannya yaitu keras hati , bersungut-sungut , tinggal dalam dosa , tinggal kanak-kanak rohani. Kanak-kanak rohani ini memang mudah terpengaruh anutan sesat Ef 4:14 , mudah kena godaan dunia , sering adu menyerupai 1Kor 3:3 , mudah terpancing sehingga ditewaskan oleh kejahatan. Kaprikornus masa depan orang-orang Halaman itu tidak tentu. Sulit mengatakan wacana orang-orang Halaman , apakah mereka mampu setia hingga ke tamat , sedangkan ‘hari ini’ saja hatinya masih bercabang. Sebab itu jangan tinggal kanak-kanak rohani , tetapi meningkatlah lebih tinggi” .