Inilah Cara Menikmati Internet Tanpa Iklan


Bukan sebuah hal yang mengherankan jika saat ini dunia maya yang sering kita sebut dengan internet dipenuhi oleh konten-konten yang memiliki unsur promosi seperti iklan. Sebagai sebuah ruang yang digunakan oleh banyak orang orang yang berasal dari berbagai belahan dunia, menjadikan ruang maya bernama internet sebagai sebuah tempat yang efektif untuk mencari keuntungan materi berupa uang atau yang lainnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut dengan adanya iklan di berbagai sudut halaman di internet. Banyak pengguna internet yang sangat tidak suka dengan adanya iklan yang muncul di sudut-sudut halaman internet yang mereka akses. Kebanyakan dari mereka terganggu dengan adanya iklan-iklan yang sebenarnya tidak mereka perlukan tersebut. Padahal faktanya, internet bisa gratis karena didanai oleh iklan yang terpampang dihadapan mereka.

Untuk menghindari iklan tersebut, pengguna internet sering menggunakan alat atau plug-in dan beberapa aplikasi yang bisa memblok iklan-iklan tersebut seperti AdBlock Plus, Ghostery, dan masih banyak lagi aplikasi, plug-in atau layanan yang lainnya. Cara ini ternyata belum tentu ampuh karena sebagian iklan masih saja dapat muncul dan kadang untuk menikmati pengalaman yang benar-benar bebas dari iklan, pengguna pun harus melakukan donasi berupa banyaran dalam jumlah tertentu kepada penyedia konten internet yang bersangkutan.

Untuk mewujudkan keinginan para pengguna yang ingin menikmati internet tanpa iklan tersebut, Google merilis sebuah layanan baru yang disebut dengan Google Contributor. Layanan Google Contributor buatan Google ini merupakan layanan percobaan untuk melihat apakah situs dapat didanai oleh pembayaran kecil dari pembaca daripada harus bergantung pada iklan untuk menghasilkan uang.

Cara kerja Google Contributor cukup sederhana. Pengguna yang tidak ingin melihat iklan di situs favorit mereka hanya diminta agar bersedia untuk membayar biaya bulanan yang kecil untuk membantu mendukung situs tersebut dengan mendaftar pada layanan Google Contributor. Pengguna membayar biaya bulanan yang berkisar antara 1 sampai 3 dollar sebulan. Ketika pengguna mengunjungi situs yang berpartisipasi dalam layanan Google Contributor, situs tersebut nantinya tidak akan menampilkan iklan karena pengguna sudah membayar untuk menggunakan situs tersebut. Biasanya iklan akan muncul di situs tersebut jika pengguna tidak ikut berpartisipasi dalam layanan Google Contributor.

Iklan-iklan yang sebelumnya ada di situs yang dikunjungi tersebut diganti dengan pesan kecil tanda terima kasih kepada mereka karena telah menjadi contributor bagi situs terseut. Google memungkinkan pengguna memilih berapa banyak mereka ingin membayar untuk tidak melihat iklan-iklan yang mendukung situs-situs favorit mereka. Pilihan yang tersedia mulai dari 1, 2 atau 3 dollar dalam sebulan dan terkait langsung dengan akun Google. Google belum memberikan rincian seberapa banyak uang yang akan dihasilkan oleh layanan Google Contributor atau berapa banyak situs yang akan berpartisipasi dengan layanan ini nantinya.

Google memulai layanan Google Contributor dengan 10 mitra situs, termasuk di antaranya Mashable, Imgur, WikiHow dan Science Daily. Situs yang belum ikut dalam layanan ini masih akan menunjukkan iklan seperti biasa, bahkan jika mereka menggunakan platform iklan Google. Layanan ini akan diperluas untuk mencakup lebih banyak situs yang mendaftar, tetapi hanya bekerja pada situs yang berbasis di Amerika Serikat untuk sementara waktu. Karena ini masih dalam tahap awal dan sedang dalam proses percobaan. Kita hanya bisa berharap jika percobaan ini membuahkan hasil yang baik, layanan Google Contributor bisa terus dikembangkan sehingga kita di Indonesia juga bisa menikmatinya.

Related Posts:

0 Response to "Inilah Cara Menikmati Internet Tanpa Iklan"

Poskan Komentar

Mohon tidak meninggalkan komentar SPAM, saya akan menghapus komentar SPAM secara manual. Terimakasih